Pendidikan di pesantren perlu beradaptasi dengan era digital, terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa, seperti pemrosesan informasi dan berpikir kritis. Teori sibernetik, yang menekankan pemrosesan informasi dan umpan balik kontinu, menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi teori sibernetik di Pesantren Al Ibrohimy Galis Bangkalan dan dampaknya terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori sibernetik meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan kognitif mereka, terutama dalam hal pemrosesan informasi dan analisis. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan resistensi terhadap perubahan metode pengajaran tradisional masih ada. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menawarkan wawasan tentang adaptasi teori sibernetik dalam konteks pesantren dan rekomendasi strategis untuk mengatasi hambatan yang ada, sehingga dapat membantu pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan mereka di era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025