Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 19, No. 2 : Al Qalam (Maret 2025)

Optimalisasi Penerapan Akad Salam dan Istisna dalam Perbankan Syariah: Tantangan, Strategi, dan Implikasi Operasional

Furqoni, Muhammad Ihsan (Unknown)
Jaharuddin, Jaharuddin (Unknown)
Gani, Nur Asni (Unknown)
Utama, Rony Edward (Unknown)
Anggraini, Dahlia Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kendala yang dihadapi dalam penerapan akad Salam dan Istisna di bank syariah, serta merumuskan strategi yang dapat meningkatkan efektivitas penerapannya. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai fenomena ini. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan delapan informan kunci yang terdiri dari manajer area, customer service, marketing lending, dosen atau praktisi syariah, appraisal bank syariah, asisten manajer syariah, dan nasabah bank syariah, serta melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam penerapan akad Salam dan Istisna mencakup masalah regulasi, kurangnya literasi masyarakat, dan tantangan operasional terkait infrastruktur dan pengembangan produk. Rekomendasi strategis yang dihasilkan mencakup peningkatan edukasi dan literasi masyarakat, pengembangan produk yang inovatif dan sesuai dengan prinsip syariah, serta peningkatan kolaborasi antara bank syariah dan regulator. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi penerapan akad Salam dan Istisna dapat memperkuat daya saing bank syariah di pasar dan memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...