Pemahaman terhadap budaya lokal merupakan bagian penting dalam pembentukan identitas dan karakter siswa. Pendidikan di sekolah dasar memiliki peran yang signifikan dalam mengenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui berbagai pendekatan, salah satunya adalah literasi budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana literasi budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya setempat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 1 Kalampangan Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah yang menerapkan literasi budaya lokal dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi budaya lokal dalam pembelajaran dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pelestarian budaya, memperkaya kosa kata lokal, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap warisan budaya daerah. Kontribusi penelitian ini ditujukan bagi pendidik dan lembaga pendidikan agar semakin menjunjung dan menghargai budaya masyarakat setempat agar tidak hilang.
Copyrights © 2025