Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5 No 1 (2025): Alifbata

Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iiib Mi Al-Ishlahuddiny Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024

muti'ah, muti'ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2025

Abstract

Manajemen kompetensi guru dapat dimaknai sebagai gambaran tentang apa yang harus dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya, baik berupa kegiatan, perilaku maupun hasil yang dapat ditunjukkan dalam profesi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III B MI Al-Ishlahuddiny Kediri, apa kendala yang dihadapi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III B MI Al-Ishlahuddiny Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologis dan pendekatan pedagogis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh peneliti selanjutnya akan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penelitian ini menemukan bahwa kompetensi yang dimiliki guru kelas III B MI AlIshlahuddiny Kediri sudah bisa dikatakan baik artinya sudah dikatakan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik, guru sudah menguasai ke empat kompetensi guru tersebut dimulai dari kemampuannya dalam menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional,2) Kendala guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III B MI Al-Ishlahuddiny Kediri ialah teterbatasnya waktu dalam memaksimalkan capaian belajar siswa saat proses pembelajaran membaca.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alifbata

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal AlifBata focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level / Madrasah. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes; Learning (Mathematics, Science, Social Studies, ...