Sektor kerajinan rotan memiliki potensi ekonomi yang besar; Namun, ia menghadapi segudang tantangan di bidang pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pengrajin rotan Teluk Wetan, Jepara berfokus pada kewirausahaan, kelengkapan produk, dan kualitas layanan untuk mempromosikan produk mereka dengan sukses. Menggunakan kerangka metodologis kuantitatif menggunakan pendekatan survei yang melibatkan 96 peserta, data dianalisis melalui beberapa teknik regresi linier. Temuan menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan Kualitas layanan berdampak positif dan statistik signifikan pada kinerja pemasaran, sedangkan kelengkapan produk menunjukkan dampak positif namun tidak signifikan secara statistik. Secara kolektif, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, menegaskan bahwa inovasi dan pelayanan pelanggan lebih berkontribusi terhadap pemasaran dibandingkan dengan keberagaman produk. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya strategi kewirausahaan dan peningkatan layanan dalam meningkatkan daya saing industri kerajinan rotan. Penelitian lebih lanjut dapat mempertimbangkan faktor lain seperti strategi digital marketing dan tren pasar global guna memperluas pemahaman tentang keberlanjutan pemasaran industri kreatif.
Copyrights © 2025