cover
Contact Name
Hilyah Ashoumi
Contact Email
hira@unwaha.ac.id
Phone
+6285733144431
Journal Mail Official
lppm@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No. 09 61451 Tambakberas Jombang Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 25809725     DOI : https://doi.org/10.32764/margin.v5i2
Core Subject : Economy,
Jurnal Margin Eco adalah jurnal fakultas ekonomi dan perkembangan bisnis. Jurnal ini diterbitkan oleh fakultas ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Terbit secara berkala satu semester sekali. Dimana sebagai sarana kajian ilmiah dan keilmuan di bidang ekonomi yang merupakan hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Redaksi mengundang para penulis, peneliti dan akademisi untuk mengirimkan artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian. Gagasan konseptual berisi kajian teoritis dari ilmu ekonomi dan perkembangan bisnis yang meliputi : manajemen sumberdaya manusia, manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, e-commerce, manajemen retail, kewirausahaan, studi kelayakan bisnis dan manajeme resiko. Artikel yang akan dimasukkan jurnal ini adalah artikel yang belum pernah dipublikasikan di media ekonomi lain. Redaksi akan menyeleksi naskah yang diterima dan layak untuk diterbitkan di jurnal ini. Redaksi berhak untuk mengedit artikel namun tidak boleh menghilangkan substansi ide yang dituangkan dalam artikel tersebut.
Articles 105 Documents
IMPLEMENTASI BRAND ACTIVATION LACTOGROW HAPPY WONDERLAND Mar'atul Fahimah
MARGIN ECO Vol 1 No 1 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.526 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i1.135

Abstract

Salah satu bentuk komunikasi pemasaran terintegrasi yaitu komunikasi pemasaran brand activation. Kegiatan tersebut sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam mengkomunikasikan produknya dengan lebih mendekatkan ke khalayak sasaran secara personal. Proses penyusunan perencanaan kegiatan brand activation perlu adanya suatu strategi, agar implementasi kegiatan brand activation ini dapat efektif dan tercapai tujuan komunikasinya. PT Nestle melalui produk LactoGrow membuat kegiatan komunikasi pemasaran yang lebih menarik perhatian konsumen, yaitu melalui kegiatan brand activation yang dilakukan dengan berdasar pada program promosi yang berjudul LactoGrow Happy Wonderland. Penelitian ini menggunakan kegiatan brand activation LactoGrow Happy Wonderland Experience yang dilakukan PT Nestle sebagai subjek penelitian untuk mengetahui proses perencanaan hingga implementasi kegiatan brand activation tersebut serta mengetahui peran kegiatan brand activation itu dalam mewujudkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi evaluatif. Penelitian ini lebih melihat bagaimana proses perencanaan hingga implementasi yang terjadi di dalam aktivitas brand activation tersebut. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dari objek penelitian. Objek penelitian ini yaitu produk LactoGrow dengan fokus utama proses perencanaan hingga implementasi dari kegiatan aktivitas brand activation program LactoGrow Happy Wonderland. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Proses perencanaan dalam menyusun strategi brand activation terstruktur dengan berdasar teori Philip Kotler yaitu elemen pengembangan program komunikasi dan promosi total yang efektif. Dalam proses implementasinya beberapa aktivitas sesuai dengan perencanaanya. Adanya kegiatan brand activation program LactoGrow Happy Wonderland mampu meningkatkan sales volume LactoGrow. Disimpulkan bahwa konsumen dapat dikatakan loyal terhadap produk Lactogrow. Kata Kunci : Brand Activation, Loyalitas konsumen, Sales Volume
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA ANGGOTA KEPOLISIAN RESORT JOMBANG Choirul Anam
MARGIN ECO Vol 1 No 1 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.553 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i1.136

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi, karena keefektifan dan keberhasilan suatu organisasi sangat tergantung pada kualitas dan kinerja sumber daya manusia yang ada pada organisasi tersebut. Kinerja sumber daya manusia (anggota) yang tinggi akan mendorong munculnya Organizational Citizenship Behavior (OCB), yaitu perilaku melebihi apa yang telah distandarkan pada organisasi. Beberapa aspek yang dibutuhkan dan sekaligus dapat menentukan tinggi rendahnya kadar Organizational Citizenship Behavior anggota Kepolisian Resort Jombang adalah komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Anggota Kepolisian Resort Jombang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 18. Populasi yang digunakan adalah Anggota Kepolisian Resort Jombang dengan jumlah 439 orang. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 210 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), terdapat pengaruh positif antara Komunikasi Interpersonal terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), dan terdapat pengaruh negatif antara Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Nilai Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,621 atau 62,1% berarti variasi perubahan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dipengaruhi variabel kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Komunikasi Interpersonal sebesar 62,1% dan sisanya 37,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior
ETIKA BISNIS ISLAM PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Arivatu Ni'mati Rahmatika
MARGIN ECO Vol 1 No 1 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.727 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i1.137

Abstract

Etika Bisnis Islam dalam lembaga keungan syariah dapat disebut dengan akhlak pada lembaga keuangan syariah, semakin berkembang lembaga keuangan syarih menuntut pada aktivis didalamnya untuk tetap menjaga etika dalam kegiatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan bagiamana seharusnya akhlak di lembaga keungan syariah baik dari sisi Funding maupun sisi Lending tanpa melupakan strategi yangmana tujuan dari strategi adalah keuntungan. Metode pada penilitian ini adalah Library Research. Hasil dari penelitian ini adalah etika bisnis islam yang dimasud adalah keterbukaan. Sedangkan keterbukaan bukan hanya pada laporan keuangan saja, tetapi juga diharuskan sesuai dengan ajaran islam yang diaplikasikan. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Lembaga Keuangan Syariah, Keterbukaan
ANALISIS YURIDIS INVESTASI PERJANJIAN WARALABA DITINJAU DARI PENDEKATAN EKONOMI MIKRO Moh Ja'far Sodiq M.
MARGIN ECO Vol 1 No 1 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.653 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i1.138

Abstract

konsep investasi dan berbisnis dalam bentuk waralaba/franchise adalah sangat digemari, karena konsep bisnis yang mudah, murah modal dan biaya, dan orang-orang cenderung datang ke tempat makan, atau tempat minum yang telah memiliki merek ataupun telah dikenal oleh banyak orang. Dalam waralaba ini, sebagaimana halnya lisensi dapat dikatakan, sebagai bagian dari kepatuhan mitra usaha terhadap aturan main yang diberikan oleh pengusaha pemberi waralaba, mitra usaha diberikan hak untuk memanfaatkan Hak atas Kekayaan Intelektual dan sistem kegiatan operasional dari pengusaha pemberi waralaba, baik dalam bentuk penggunaan merek dagang, merek jasa, hak cipta atas logo, desain industri, paten berupa teknologi, maupun rahasia dagang. Pengusaha pemberi waralaba selanjutnya memperoleh imbalan royalty atas penggunaan Hak atas Kekayaan Intelektual dan sistem kegiatan operasional mereka oleh penerima waralaba. Demikian dapat kita lihat bahwa ternyata waralaba juga dapat dipakai sebagai sarana pengembangan usaha secara tanpa batas ke seluruh bagian dunia. Ini berarti seorang pemberi waralaba harus mengetahui secara pasti ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di negara dimana waralaba akan diberikan atau dikembangkan, agar nantinya penerima waralaba tidak beralih “wujud” dari mitra usaha menjadi kompetitor.
IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERKIRAAN PENJUALAN BARANG DENGAN METODE TRENDMOMENT Siti Sufaidah; Mohammad Fatoni
MARGIN ECO Vol 1 No 1 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.749 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i1.139

Abstract

Sistem informasi memegang peranan penting dalam perusahaan dalam menyediakan data informasi yang berguna bagi kepentingan operasi maupun manajemen. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memiliki departemen teknologi informasi atau sistem informasi. Begitu juga Toga Mas, sebuah Toko yang bergerak dalam penjualan Buku di seluruh Indonesia. Metode Trend Moment dapat memberikan jawaban dari permasalahan diatas. Berdasarkan hasil peramalan dapat disimpulkan bahwa aplikasi peramalan penjualan buku dapat memberikan gambaran kepada pihak toko dalam melakukan pemesanan buku. Semakin banyak data penjualan yang tersedia maka nilai peramalan akan lebih akurat. Kata Kunci : Peramalan, Metode Trend Moment, Akurat
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN STIE YAPAN SURABAYA Ira ningrum resmawa; Melanny Methasari
MARGIN ECO Vol 1 No 1 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.038 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i1.140

Abstract

Focus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana efektivitas penggunaan social media facebook sebagai media komunikasi pemasaran STIE Yapan Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dll., secara holistic, dan menuangkannya secara deskripsi dalam bentuk kata–kata serta bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Key informan dan informan berperan sebagai sumber data dalam penelitian ini, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan sekunder melalui wawancara, dokumen, buku-buku, dan internet, kemudian teknik analisisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas Penggunaan Social Media Facebook sebagai Media Komunikasi Pemasaran STIE Yapan Surabaya secara efektif mampu menimbulkan efek kesadaran (kognitif), ketertarikan dan keinginan (afektif) dan tindakan (konatif) terhadap khalayak. Kata Kunci: efektivitas, social media, facebook, komunikasi pemasaran
PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI DARI LUAR PADA CV. MAKMUR JAYA. Lailatus Sa’adah
MARGIN ECO Vol 1 No 2 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.331 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i2.144

Abstract

Decision-making is one of the most important functions by the management especially if decision-making requires such costs as relevant costs. Information on the relevant costs becomes an important thing that the company always needs in making the right decision. Every decision taken by the management will be a benchmark of success of a company in the future. Relevant Costs represent a different future cost on each alternative. All decisions relate to the future. Therefore, only future costs can be relevant to the decision. However, to be relevant, a cost must not only be a future cost, but it must also be different from one alternative to another. The purpose of this study is to analyze the relevant costs in relation to making decisions on their own or buying from outside. The method of analysis used is quantitative descriptive method. The results show the company has not been maximized in applying the relevant cost in making the decision to make your own or buy from the outside. Company management should apply relevant cost calculations in order to make informed decisions on available alternatives. Keywords: Relevant cost, make your own, buy from outside.
HUBUNGAN BRAND TRUST DAN PERCEIVED QUALITY DENGAN REPURCHASE INTENTION PRODUK PERAWATAN ZAP OUTLET BLAMBANGAN SURABAYA ira ningrum resmawa
MARGIN ECO Vol 1 No 2 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.385 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i2.146

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan brand trust danperceived quality dengan repurchase intention produk kecantikan pada pasienZAP diSurabaya. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel: variabel dependen khususnyarepurchase intention dan variabel bebas brand trust dan perceived quality. Teknikpengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling.Dimana terdapat 113 sampel yang dikumpulkan untuk penelitian ini dari pasien ZAPdi Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis Kendall'stau nonparametric test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubunganpositif dan sangat signifikan antara brand trust dan repurchase intention dengan nilaiKoefisien Korelasi = 0,199, p = 0,004 dan juga ada hubungan positif dan signifikanantara perceived quality dan repurchase intention dengan nilai Koefisien Korelasi =0.155 dan p = 0,020.Kata Kunci: Repurchase intention, Brand Trust , Perceived Quality, ZAP
ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI INSTAGRAM PADA AZKURAH ONLINE SHOP DI SURABAYA siti masruroh
MARGIN ECO Vol 1 No 2 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.462 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i2.147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian melalui Instagram pada Azkurah Online Shop di Surabaya. (2) Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian melalui Instagram pada Azkurah Online Shop di Surabaya. (3) Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian melalui Instagram pada Azkurah Online Shop di Surabaya. (4) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui Instagram pada Azkurah Online Shop di Surabaya. (5) Pengaruh harga, promosi, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui Instagram pada Azkurah Online Shop di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 75 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien variabel harga, promosi, citra merek, kualitas produk dengan aarah positif serta variabel harga (X1) Thitung> Ttabel (2,295>1,667) signifikan 0,003, variabel promosi (X2) Thitung> Ttabel (5,553>1,667) signifikan 0,025, varibel citra merek Thitung> Ttabel (2,621>1,667) signifikan 0,011, varibel kualitas produk Thitung> Ttabel (10,606>1,667) signifikan 0,000. Berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Azkurah Online Shop di Surabaya secara parsial. Dan hasil penelitian doperoleh F hitung (9,746) > F tabel (3.422) dan sig 0,000 hal ini menunjukkan bahwa harga, promosi, citra merek dan kualitas produk mempunyai pengaruh signifikansi terhadap keputusan pembelian simultan diterima. Kata kunci : Harga, Promosi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
AFFECT OF SERVICE PROGRAM PERPUSERU PERPUSTAKAAN MASTRIP KABUPATEN JOMBANG Mar'atul Fahimah; Ospa Pea Yuanita Meishanti
MARGIN ECO Vol 1 No 2 (2017): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.017 KB) | DOI: 10.32764/margin.v1i2.150

Abstract

Perpustakaan Mastrip Kabupaten Jombang yang didukung oleh Coca-ColaFoundation menjalankan program perpuseru. Program ini membawa perubahan danwarna baru bagi perpustakaan Mastrip Ka bupaten Jombang. Penyelenggaraanpelatihan dan workshop menjadi agenda setiap bulan untuk melayani masyarakatakan kebutuhan informasi dan pengetahuan. Ini sesuai tugas perpustakaan sebagaiintansi yang melayani publik. Kualitas layanan publik yang baik berbanding lurusdengan kualitas layanan yang tinggi. Kualitas layanan dapat dilihat dari salah satutiga dimensi LibQual+â„¢ , yaitu: affect of service. Dimensi ini memuat beberapaindikator, diantaranya Tangible, Responsiveness, Realibility, Assurance, danEmpathy. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui persepsi danharapan publik terhadap kualitas layanan khususnya kemampuan serta sikap petugasperpustakaan dalam program perpuseru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwakualitas layanan di Perpustakaan Mastrip Kabupaten Jombang dapat memuaskanpemustaka atau pengguna. Ini berdasarkan p erhitungan dimensi Affect of Service nilairata-rata harapan minimum sebesar 2,61, harapan yang diinginkan ( desired) sebesar3,56, persepsi 4,11. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai rata -rata persepsi lebihtinggi dari harapan minimum, sehingga memperole h nilai kesenjangan (AdequacyGap) positif yaitu 1,5 dengan nilai Superiority Gap 0.55.Kata kunci : affect of service, persepsi, kualitas layanan, perpuseru

Page 1 of 11 | Total Record : 105