Comm-Edu (Community Education Journal)
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari 2025

PROSES ASESMEN LITERASI BISNIS PEMASARAN DIGITAL INTERVENSI MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KETAHANAN KELUARGA

Hasanah, Viena Rusmiati (Unknown)
Firly, Jessy (Unknown)
Jubaedah, Yoyoh (Unknown)
Saepudin, Asep (Unknown)
Nudiati, Dety (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses assessment untuk kegiatan intervensi komunitas pada program literasi bisnis digital marketing untuk membangun ketahanan keluarga. Masyarakat desa di Ibun Majalaya sudah memiliki produk lokal dan dengan perkembangan teknologi, membutuhkan dukungan dalam memiliki literasi dalam bisnis digital marketing. Untuk mengetahui assessment dalam Intervensi komunitas yang dilakukan, peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui teknik wawancara, forum group dan informal partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan proses perencanaan intervensi komunitas menggunakan pendekatan topdown dan bottom up, sehingga dalam tahapan assessment dilakukan baik melalui studi literature maupun pendekatan kepada tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi komunitas, melakukan pemetaaan dan pengenalan kepada komunitas sasaran, melakukan sosialisasi program dengan menumbuhkan partisipasi aktif dari setiap anggota komunitas tersebut. Kesimpulan menunjukkan bahwa proses assessment intervensi menjadi langkah terpenting dalam pengembangan program pemberdayaan di Masyarakat dan membutuhkan proses yang melibatkan semua anggota komunitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comm-edu

Publisher

Subject

Education

Description

Comm-Edu Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...