Journal Islamic Pedagogia
Vol. 5 No. 1 (2025): Journal Islamic Pedagogia

Penerapan Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Menggunakan Metode As-Syafi’i Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Santri Di Rumah Tahfidz Quran (RTQ) Ulil Albab Indramayu

Lisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Al-Qur’an merupakan panduan penting bagi kehidupan manusia. Dalam pembelajaran Tahsin Al-Qur’an, salah satu metode yang digunakan adalah Metode As-Syafi’i, yang dikenal praktis, sistematis, dan mudah dipahami, seperti yang diterapkan di Rumah Tahfidz Quran (RTQ) Ulil Albab Indramayu. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah: bagaimana proses pembelajaran Tahsin dengan Metode As-Syafi’i di RTQ Ulil Albab Indramayu dan bagaimana penerapannya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di sana. Penelitian ini bertujuan memahami proses dan dampak pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dengan Metode As-Syafi’i di RTQ Ulil Albab Indramayu. Metodologi yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini, melalui pelatihan asatidz, media visual, dan latihan intensif, memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal Islamic Pedagogia is published by the Faculty of Islamic Studies of Wiralodra University Indonesia Focus of Journal Islamic Pedagogia discusses on Islamic education, results of scientific studies for academics and practitioners in the field of lecture theory explanation and practice, ...