Krisnia murty lubuk, 2025. Penerapan model pembelajaran SQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV Sdn 006 Rambusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa.Skripsi. jurusan Pendidikan Guru sekolah dasar, fakultas Ilmu pendidikan .Universitas Negeri Makassar pendekatan deskriptif kualitatif.(dibimbing oleh Muhammad asrul sultan dan Yonathan s Pasinggi). permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemapuan pemahaman membaca siswa masih sangat kurang dibuktikan dari sulitnya mereka menjawab pertanyaan terkait dengan teks bacaan yang mereka baca .rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran SQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 006 Rambusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa dan apakah penerapan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 006 Rambusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SQ4R untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas IV SDN 006 RAmbusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan membaca bahasa indonesia siswa kelas IV SDN 006 Rambusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa.Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV berjumlah 21 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 006 rambusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa pada materi pembelajaran komponen ekosistem dan dilakukan selama III siklus penerapan. Dan penerapan model pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa SDN 006 Rambusaratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa. Kata kunci : model pembelajaran SQ4R, Keterampilan, membaca pemahaman.
Copyrights © 2025