Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media puzzle berbasis kecerdasan buatan (AI) melalui model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning pada peningkatan literasi sains siswa kelas V SDN Gadungan 1 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) yang melibatkan dua kelompok yaitu eksperimen yang mempergunakan media puzzle berbasis AI juga kelompok kontrol yang mempergunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melewati wawancara, angket, serta tes pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle berbasis AI melalui model PBL secara signifikan meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Literasi sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan hasil rata-rata post-test 80,25 dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata 67,92. Hasil perhitungan menggunakan rumus T-Test juga diketahui bahwa t hitung ? t tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif seperti puzzle berbasis AI dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa secara efektif.
Copyrights © 2025