Suatu bangsa dapat dikatakan maju jika memiliki sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya. Untuk mewujudkan adanya hal tersebut diperlukan kualitas pendidikan yang baik. Kepala Sekolah, guru, dan semua pihak terkait memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan yang mampu beradaptasi dengan perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah penggerak dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, produktif, dan inovatif di UPT Satuan Pendidikan SDN Sapulante Pasrepan. Kepala sekolah penggerak memiliki tanggung jawab dalam memimpin perubahan, mengelola sumber daya, dan membangun budaya kerja positif di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah penggerak berperan sebagai pemimpin visioner, motivator, manajerial, dan role model. Dengan adanya hal tersebut, membawa dampak dalam peningkatan kolaborasi antar guru dan staf kependidikan, suasana kerja yan glebih harmonis, dan motivasi kerja yang lebih tinggi. Akan tetap, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dan hambatan, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, perbedaan kompetensi warga sekolah, serta resistensi terhadap perubahan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah penggerak berperan signifikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif yang pada akhirnya mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
Copyrights © 2025