Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 8, No 1: APRIL (2025)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU QUIZIZZ DALAM PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Ulya, Muhimmatul (Unknown)
Dewi, Rida Fironika Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) menggunakan Quizizz. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Grogol 1 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui pengaruh model PBL menggunakan Quizizz terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantu Quizizz dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar. Hal ini tercermin dari peningkatan rata-rata nilai tes numerasi dari 41,23 pada pretest menjadi 79,73 pada posttest. Selain itu, persentase ketuntasan isi pembelajaran meningkat dari 11,5% pada pretest menjadi 80,8% pada posttest. Angket siswa tentang pembelajaran dengan Quizizz juga menunjukkan hasil yang sangat positif, ditandai dengan meningkatnya motivasi dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mengarah pada kesimpulan bahwa model PBL berbantu Quizizz efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar kelas 4. Guru disarankan untuk mengintegrasikan model PBL dan media digital seperti Quizizz ke dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan literasi berhitung siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...