Penelitian inibertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dalam penerapan model pembelajaran SAVI melalui metode eksperimen yang telah dilakukan di SMP Negeri 2 Pademawu tahun ajaran 2018/2019.  Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain penelitian one-group-pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan tes essay dan lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil analisis uji t sampel berpasangan yaitu signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest dan posttest siswa. Keterampilan proses sains siswa sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI melalui metode eksperimen memperoleh nilai sebesar 25 dengan kategori cukup baik, setelah pembelajaran dengan model SAVI melalui metode eksperimen memperoleh nilai sebesar 72 dengan kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model SAVI melalui metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa diperoleh persentase 98% dengan kategori hampir seluruh aktivitas terlaksana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025