Natural Science Education Research (NSER)
Vol 8, No 1 (2025): Natural Science Education Research

KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM SETTING PEMBELAJARAN SAVI MELALUI METODE EKSPERIMEN

Darma, Ach Budi (Unknown)
Ahied, Mochammad (Unknown)
Qomaria, Nur (Unknown)
Munawaroh, Fatimatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dalam penerapan model pembelajaran SAVI melalui metode eksperimen yang telah dilakukan di SMP Negeri 2 Pademawu tahun ajaran 2018/2019.  Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain penelitian one-group-pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan tes essay dan lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil analisis uji t sampel berpasangan yaitu signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest dan posttest siswa. Keterampilan proses sains siswa sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI melalui metode eksperimen memperoleh nilai sebesar 25 dengan kategori cukup baik, setelah pembelajaran dengan model SAVI melalui metode eksperimen memperoleh nilai sebesar 72 dengan kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model SAVI melalui metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa diperoleh persentase 98% dengan kategori hampir seluruh aktivitas terlaksana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...