Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK)
Vol. 5 No. 2 (2023): Desember

PENGARUH BERPIKIR KRITIS SISWA DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KOMPETENSI PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI SMA PERGURUAN BUDDHI

Sulasmi, Sulasmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berpikir kritis siswa dan gaya mengajar guru terhadap kompetensi pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Perguruan Buddhi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 134 siswa kelas X dan XI yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan berpikir kritis siswa terhadap kompetensi pemecahan masalah (p=0,000<0,05); 2) Tidak terdapat pengaruh signifikan gaya mengajar guru terhadap kompetensi pemecahan masalah (p=0,390>0,05); 3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara berpikir kritis siswa dan gaya mengajar guru terhadap kompetensi pemecahan masalah (p=0,722>0,05). Kesimpulannya, berpikir kritis siswa berpengaruh terhadap kompetensi pemecahan masalah, sedangkan gaya mengajar guru tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa untuk meningkatkan kompetensi pemecahan masalah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal "Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer" merupakan media akademik yang dirancang untuk menghubungkan nilai-nilai ajaran Buddha dengan tantangan dan realitas sosial masa kini. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi, eksplorasi, dan inovasi yang memperkaya perspektif keilmuan ...