Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan numerasi pada siswa dan aktivitas belajar siswa melalui problem based learning berbantuan permainan math bingo pada siswa kelas V SD Negeri 3 Katerban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan di awali prasiklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Katerban, dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran melalui problem based learning berbantuan math bingo dapat meningkatkan kemampuan numerasi dan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui pengamatan yang dilakukan pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Untuk kemampuan numerasi hasil prasiklus siswa yang tuntas adalah 25% atau sebanyak 3 siswa, siklus I 41,66% atau sebanyak 5 siswa, dan siklus II 83,33% atau sebanyak 10 siswa. Sedangkan untuk Aktivitas belajar siswa dari prasiklus sebesar 32,5%, menjadi 45,83% pada siklus I dan menjadi 80,83% pada siklus II. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning berbantuan math bingo dapat meningkatkan kemampuan numerasi dan aktivitas belajar siswa.
Copyrights © 2025