Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan program remedial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Program remedial dirancang untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan memberikan pendekatan yang lebih personal dan terarah, guna meningkatkan pemahaman materi serta membangun motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial memiliki beberapa fungsi utama, termasuk fungsi korektif, pemahaman, pengayaan, penyesuaian, dan terapeutik. Implementasi program remedial dipengaruhi oleh faktor pendukung seperti kesiapan guru, sumber belajar yang memadai, dan dukungan sekolah, namun juga menghadapi hambatan seperti kurangnya motivasi siswa dan keterbatasan waktu. Kesimpulan menunjukkan bahwa pelaksanaan program remedial yang efektif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Copyrights © 2025