Penelitian ini bertujuan untuk membuat E-Modul untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang perkawinan dalam Islam bagi siswa kelas XII di SMA NU Palangkaraya. Permasalahan yang diangkat adalah terbatasnya pemahaman siswa terhadap konsep perkawinan dalam Islam yang disebabkan oleh minimnya sumber belajar yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta uji coba E-Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Kesimpulannya, E-Modul terbukti menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa memahami konsep perkawinan dalam Islam dengan lebih menarik.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025