Abstrak Penulisan artikel ilmiah merupakan keterampilan esensial bagi mahasiswa yang perlu dikembangkan secara sistematis. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa. Pelatihan ini dilaksanakan secara intensif selama satu hari dengan metode penyampaian materi dan tutorial, yang kemudian diikuti dengan pendampingan dan kerja mandiri selama satu bulan. Dalam masa pendampingan, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan revisi, konsultasi, dan submisi artikel ilmiah ke jurnal nasional terakreditasi SINTA 2-4. Analisis terhadap tanggapan peserta menunjukkan bahwa mayoritas aspek pelatihan, seperti pemanfaatan AI dalam menemukan topik penelitian, menyusun bagian artikel ilmiah, serta pembuatan tabel dan bagan, mendapatkan penilaian sangat baik. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan AI secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa. Keberhasilan pelatihan ini dibuktikan dengan jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan, yakni sebanyak 25 artikel yang siap dipublikasikan. Dengan demikian, AI terbukti menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas publikasi ilmiah mahasiswa. Kata kunci: artificial intelligence; artikel ilmiah; keterampilan menulis; pelatihan; publikasi ilmiah.  Abstract Writing scientific articles is an essential skill for students that needs to be developed systematically. This community service aims to analyze the effectiveness of Artificial Intelligence (AI)-based training in improving students' scientific article writing skills. This training is carried out intensively for one day with material delivery and tutorial methods, which are then followed by mentoring and independent work for one month. During the mentoring period, participants were given the opportunity to revise, consult, and submit scientific articles to SINTA 2-4 accredited national journals. Analysis of participants' responses showed that the majority of training aspects, such as the use of AI in finding research topics, compiling sections of scientific articles, and making tables and charts, received very good ratings. The results of this community service show that the use of AI significantly contributes to improving students' academic writing skills. The success of this training is evidenced by the number of scientific articles produced, namely 25 articles that are ready to be published. Thus, AI is proven to be an effective tool in increasing the productivity and quality of student scientific publications. Keywords: artificial intelligence; scientific articles; scientific publication training; writing skills
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025