Abstrak: Penerapan prinsip UbD dalam pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menekankan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif untuk menilai penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran menulis Surat Lamaran Pekerjaan di SMA Ahmad Yani 2 Baureno Kleas XII. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan mixed methods. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Sampel penelitian mencakup 2 guru yang menerapkan UbD, 20–50 siswa dari kelas yang terkait, serta kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil uji t untuk membandingkan penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) antara 2 guru dan 20 siswa menunjukkan nilai t-statistik sebesar -1.65 dengan p-value sebesar 0.107. Karena p-value lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05, hipotesis nol gagal ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara frekuensi penerapan UbD oleh guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025