KARANGAN Journal
Vol. 7 No. 1 (2025): Maret 2025

PENERAPAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KELAS XII SMA AHMAD YANI 2 BAURENO

Rohman, Fathur (Unknown)
Rina Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Abstrak: Penerapan prinsip UbD dalam pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menekankan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif untuk menilai penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran menulis Surat Lamaran Pekerjaan di SMA Ahmad Yani 2 Baureno Kleas XII. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan mixed methods. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Sampel penelitian mencakup 2 guru yang menerapkan UbD, 20–50 siswa dari kelas yang terkait, serta kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil uji t untuk membandingkan penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) antara 2 guru dan 20 siswa menunjukkan nilai t-statistik sebesar -1.65 dengan p-value sebesar 0.107. Karena p-value lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05, hipotesis nol gagal ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara frekuensi penerapan UbD oleh guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karangan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal KARANGAN published research result of education following: 1. Indonesian language learning 2. English learning 3. Chemistry education learning 4. Thematic learning 5. Literacy 6. Teaching materials ...