Journal of Public
Vol. 6 No. 1 (2022): Juli 2022

Fenomena Coffee Shop Sebagai Budaya Populer Remaja (Studi di Convo Coffee Jombang)

Ludviyah, Ika Putri (Unknown)
Wahyuningsih, Endah (Unknown)
Hidayat, Muhammad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Topik dalam penelitian ini adalah tentang proses hegemoni dan kapitalisme fenomena coffee shop sebagai budaya populer remaja. Penelitian ini dilakukan di convo coffee yang terletak di Kabupaten Jombang. Convo coffee menjadi salah satu coffee shop yang populer di kalangan remaja. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan culture studies yang dikemukakan oleh Chirs Barker dan teori materialisme budaya hegemoni dan kapitalisme yang dikemukakan oleh Raymond Williams. Informan dalam penelitian ini yakni pemilik convo coffee, barista, dan pengunjung. Hasil dalam penelitian ini ditemukan proses coffee shop sebagai budaya populer (1) proses hegemoni melalui eksistensi melalui aktivitas nongkrong dengan bercengkrama, bekerja/belajar, dan mengikuti gaya hidup dalam kegiatan yang sedang tren melalui media sosial Tik Tok dan Instagram. Convo coffee memiliki desain yang modern sehingga mampu menggantikan bentuk budaya nongkrong zaman dulu di taman atau warung, (2) proses kapitalisme melalui inovasi convo coffee a) collective space adalah tempat yang menyediakan berbagai macam makanan yang sedang hits, self studio, dan service iphone, b) Instagramable dalam hal ini Convo coffee cocok digunakan untuk foto-foto yang menggambarkan aktivitas budaya populer remaja. Convo coffee menggunakan konsep tersebut untuk menarik pengunjung berdatangan ke convo coffee karena mampu memberikan kesan nyaman dan dapat menguasai budaya populer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Scope of the journal; Urban Studies, Cultural Studies, Anthropology, Sociology, Public Policy, Political science, Communication, Economics, Law, ...