Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis nilai multikultural di SMP Islam Al i'tishom Karawang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan berbagai fenomena dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Data-data maupun fakta diperoleh melalui observasi, wawancara terhadap narasumber dan mengkaji dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis untuk menggambarkan serta menganalisis manajemen kurikulum berbasis pada nilai multikultural. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen kurikulum berbasis nilai multikultural di SMP Islam Al I’tishom Karawang meliputi tiga bagian utama yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan (actuating), dan 3) Evaluasi (evaluating). Perencanaan kurikulum merujuk pada PERMENDIKBUDRISTEK dan dengan visi dan misi SMP Islam Al I’tishom. Pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Adapun evaluasi kurikulum dilakukan melalui kegiatan penilaian formatif dan sumatif. Kurikulum dievaluasi secara bertahap sebagai bahan peningkatan kualitas pembelajaran. SMP Islam Al I’tishom Karawang telah memasukkan nilai-nilai multikultural dalam kurikulum pendidikannya, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025