Penelitian ini berdasarkan fenomena yang melatarbelakangi adanya sejumlah faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Antara lain penggunaan media dan metode pembelajaran konvensional sehingga tidak dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sebagaimana yang selama ini dilakukan di kelas X Grafika di sekolah tepatnya di SMKN 5 Mataram. Pembelajaran dikelas membutuhkan metode pembelajaran yan berpusat pada siswa. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran debat yang dimana siswa dapat bekerja secara aktif dalam mengemukakan dan mengeluarkan pendapat, gagasan serta ide-ide yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses penggunaan metode debat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X Grafika SMKN 5 Mataram, dan kemudian mendeskripsikan faktor penghambat penerapan atau pengimplementasian metode debat terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui masalah yang muncul selama penerapan metode debat dikelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas X Grafika SMKN 5 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data meliputi sumber data primer, sekunder, dan tersier. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi atau penerapan metode debat mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat serta rasa keingintahuan lebih besar ketika ketika proses pembelajaran berlangsung. (2) faktor penghambat penerapan metode debat terhadap motivasi belajar dalah faktor keterbatasan waktu, kurangnya bahan referensi serta karakarter siswa yang berbeda-beda. (3) Solusi yang ditawarkan disini yaitu, sebelum penerapan metode debat dikelas guru diharapkan menyiapkan rangkaiannya seminggu sebelum metode debat diterapkan, kemudian yang kedua guru diharapkan memberi kebabasan kepada siswa untuk bebas mengakses materi dari internet kemudian yang ketiga terkait karakter siswa disini guru dituntut untuk lebih sabar lagi dalam menghadapi siswa
Copyrights © 2025