Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran salah satunya adalah media powtoon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan design Nonequivalent Pretest-Protest Group Control Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia dengan jumlah populasi 100 peserta didik. Adapun sampel penelitian yaitu kelas IX.4 dengan jumlah 22 peserta didik, dan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media powtoon dan kelas IX.1 dengan jumlah 24 peserta didik, dan sebagai kelas kontrol yang masih menggunakan media PowerPoint. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-Ngain dan Uji Hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa hasil hipotesis yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) (0,040) < nilai taraf signifikan (0,05). Dan peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas ekperimen dengan N-gain sebesar 0,92 dikategorikan tinggi. Maka, dari hasil data pengujian tersebut dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia.
Copyrights © 2025