Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Tambangan dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang menjadi penentu dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Tambangan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di dilakukan di SMP Negeri 2 Tambangan. Sumber data digunakan adalah data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan, peserta didik di SMP Negeri 2 Tambangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data. Teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik SMP Negeri 2 Tambangan adalah menyusun perencanaan, melakukan seleksi, melakukan pembinaan Keempat, mengikuti lomba, dan evaluasi. Faktor penghambat pendukung yang menjadi penentu peningkatan prestasi akademik peserta didik SMP Negeri 2 Tambangan adalah faktor internal meliputi soliditas team, semangat untuk berprestasi, kinerja yang tinggi dan Ikhlas. Sedangkan faktor eksternal meliputi soliditas wali murid, dukungan sekolah, networking dan sarana prasarana.
Copyrights © 2025