Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 8, No 1 (2025): April

Pengembangan E-modul berbasis Moodle dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa

Yanuarizal, Alfain Wahid (Unknown)
Supeno, Supeno (Unknown)
Rusdianto, Rusdianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Abstract: Scientific argumentation skills were a process in which two or more people built and criticized several arguments. Based on the results of observed at SMP Negeri 2 Kalipuro, students' scientific argumentation skills were very lacking. One learning strategy that can overcome the challenged of lacking scientific argumentation skills was Moodle-based e-modules. The purposed of this study was to test the validity, practicality and effectiveness of Moodle-based e-modules in science learning to improve students' scientific argumentation skills. This study was a development research using the ADDIE development model with the aim of producing teaching materials in the form of Moodle-based e-modules. Data collection for this study came from questionnaires, observations, and tests. The subjects of this study were class VII F students at SMP Negeri 2 Kalipuro. The results of the validity analysis obtained a percentage of 96.66%, the practicality analysis obtained a percentage of 94%, and the effectiveness analysis obtained an N-gain value of 0.69 which was included in the moderate category and also the percentage of student responses was 83.7%. From these results, it can be concluded that Moodle-based e-modules in science learning can be said to be valid, practical and effective in improving students' scientific argumentation skills.Abstrak: Abstrak: Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan suatu proses dimana dua orang atau lebih membangun dan mengkritisi beberapa argumen. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Kalipuro, keterampilan argumentasi ilmiah siswa masih sangat kurang. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengatasi kendala kurangnya keterampilan argumentasi ilmiah adalah e-modul berbasis moodle. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul berbasis dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis Moodle. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kalipuro. Hasil analisis validitas memperoleh presentase sebesar 96,66%, analisis praktikalitas memperoleh presentase sebesar 94%, dan analisis efektivitas memperoleh nilai N-gain sebesar 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang dan juga presentase respon siswa sebesar 83,7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Moodle dalam pembelajaran IPA dapat dikatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...