Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Safitri, Fina Nur (Unknown)
Rohati, Rohati (Unknown)
Kumalasari, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya kemampuan penalaran matematis yang berkaitan dengan rasa percaya diri siswa saat menghadapi soal cerita. Salah satu elemen yang berdampak pada kemampuan penalaran matematis adalah tingkat kepercayaan diri yang dimiliki siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa, dengan fokus pada pengaruh kepercayaan diri mereka dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan instrumen utamanya adalah peneliti dan instrumen pendukung berupa angket self-confidence, lembar tes soal cerita kemampuan penalaran matematis materi SPLDV dan lembar pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif. Proses analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil angket dan tes soal cerita penalaran matematis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki self-confidence tingkat tinggi maka siswa tersebut mempunyai kemampuan penalaran matematis yang baik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang sedang menunjukkan kemampuan penalaran matematis yang cukup baik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Di sisi lain, siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah cenderung menunjukkan kemampuan penalaran matematis yang kurang memadai saat menghadapi soal cerita tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...