Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Systematic Literature Review (SLR): Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Nun, Lulu Ilmaq (Unknown)
Suhendri, Huri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran generatif mendorong siswa untuk partisipasi aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk meninjau hasil penerapan model pembelajaran generatif terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Artikel ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data berbagai artikel dalam jurnal terkait penerapan model pembelajaran generatif pada google scholar yang diterbitkan pada tahun 2020-2025. Klasifikasi artikel berdasarkan tahun, jenjang pendidikan dan metode penelitian. Hasil Systematic Literature Review (SLR) pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif untuk menyelesaikan masalah matematika banyak dilaksanakan pada tahun 2024, dan banyak penelitian dengan metode eksperimen kelas VIII SMP. Disimpulkan bahwa penerapan dengan model pembelajaran generatif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...