Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Pengembangan Aplikasi Kalifun Materi Perkalian sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

Nursaiidah, Azizah (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Isrok’atun, Isrok’atun (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Masalah perkalian cenderung dianggap siswa sulit. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan aplikasi kalifun sebagai media pembelajaran. Kami menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan melibatkan ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Intrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media; angket respons guru dan siswa, dan soal tes. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, angket, dan soal tes. Analisis data kuantitatif dan kualitatif dilakukan untuk menguji hipotetis yaitu mengukur pengembangan aplikasi kalifun sebagai media pembelajaran dan kelayakan aplikasi kalifun untuk pemahaman materi perkalian pada siswa sekolah dasar. Analisis data yang diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan guru diperoleh beberapa analisis yaitu analisis materi, analisis kondisi belajar siswa, dan analisis kebutuhan. Pengembangan aplikasi kalifun berdasarkan saran dan masukan validator mendapatkan perbaikan isi dan perbaikan media. Aplikasi kalifun dilakukan melalui uji coba terbatas dan uji coba luas. Uji coba terbatas melibatkan lima orang siswa, sedangkan uji coba luas melibatkan 35 siswa. Validasi ahli dan respons yang diperoleh aplikasi kalifun mendapatkan validasi layak sebagai media pembelajaran pada materi perkalian di sekolah dasar. Hasil validasi yang telah dilakukan aplikasi kalifun memperoleh persentase kelayakan sebesar 92,22% kategori “Sangat Layak”. Maka, aplikasi kalifun layak digunakan untuk pembelajaran matematika khususnya materi perkalian. Dengan demikian, aplikasi kalifun dapat digunakan secara individu baik di rumah maupun di sekolah juga dapat menjadi salah satu contoh media inovasi dalam kegiatan pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...