Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kreativitas matematis siswa dan tingginya beban kognitif siswa akibat proses pembelajaran yang belum berjalan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematis siswa melalui pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis Understanding by Design berdasarkan Cognitive Load Theory. Penelitian ini merupakan Research and Development, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Dapat dilihat pada hasil penelitian bahwa e-modul berbasis Understanding by Design berdasarkan Cognitive Load Theory memenuhi kriteria kualitas produk yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. e-Modul yang dirancang dinyatakan layak dimana untuk aspek kevalidan diperoleh persentase skor penilaian sebesar 81,25% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi materi dan skor 90,83% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Valid” pada segi desain. Untuk aspek kepraktisan, diperoleh persentase skor sebesar 93,3% tergolong kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh guru dan skor 88,15% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh siswa. Untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase skor 90,49% yang tergolong kriteria “Sangat Efektif” dari hasil angket respon siswa, kemudian diperoleh rata – rata persentase kemampuan kreativitas matematis siswa sebesar 65,29% dengan kriteria “Kreatif” dan diperoleh rata – rata persentase beban kognitif siswa sebesar 46,34% dengan kriteria “Agak Mudah”, sehingga media pembelajaran dinyatakan efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan kreativitas matematis siswa dan bisa mengurangi beban kognitif siswa.
Copyrights © 2025