Teaching, Learning, and Development
Vol. 3 No. 1 (2025)

Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Down Syndrome dengan Kartu Flash

Fitri, Andy Iftidani Lailatul (Unknown)
Wachidah, Kemil (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menguji efektivitas penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD dengan down syndrome. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Single Subject Research (SSR), penelitian ini dilakukan di SDI Al-Chusnaini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar checklist, dan dokumentasi, dengan teknik analisis berbasis kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca selama sesi intervensi, diikuti dengan penurunan setelah penilaian ulang baseline. Namun, secara keseluruhan, penggunaan media flashcard menunjukkan dampak yang signifikan terhadap kemampuan membaca pada siswa dengan down syndrome. Penelitian ini menekankan pentingnya intervensi pendidikan yang disesuaikan dan memberikan wawasan bagi para pendidik untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dengan down syndrome melalui metode alternatif seperti media flashcard.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

telad

Publisher

Subject

Education

Description

Teaching, Learning, and Development provides a platform for the discussion of teaching, learning, and development at any level. Journal invites articles on the broad range of settings in which people teach, learn and ...