Jurnal Prasasti Ilmu
Vol 3, No 3 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu

MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 MENAWAN

Mahatama, Dikla Vindi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas V pasca pembelajaran daring di SDN 1 Menawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik cenderung menurun akibat minimnya interaksi sosial dan kesulitan memahami materi secara mandiri. Peserta didik merasa jenuh, bosan, dan tidak antusias mengikuti pembelajaran dari rumah. Namun, setelah pembelajaran tatap muka kembali diterapkan, motivasi belajar siswa meningkat seiring dengan kembalinya suasana kelas yang interaktif dan kolaboratif. Peserta didik menjadi lebih aktif, menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi, serta mulai mandiri dalam menyelesaikan tugas. Meskipun begitu, terdapat variasi tingkat motivasi yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti kondisi fisik dan psikologis, serta faktor eksternal seperti dukungan guru dan lingkungan belajar. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam memberikan pendampingan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk memulihkan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang ...