Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas V pasca pembelajaran daring di SDN 1 Menawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik cenderung menurun akibat minimnya interaksi sosial dan kesulitan memahami materi secara mandiri. Peserta didik merasa jenuh, bosan, dan tidak antusias mengikuti pembelajaran dari rumah. Namun, setelah pembelajaran tatap muka kembali diterapkan, motivasi belajar siswa meningkat seiring dengan kembalinya suasana kelas yang interaktif dan kolaboratif. Peserta didik menjadi lebih aktif, menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi, serta mulai mandiri dalam menyelesaikan tugas. Meskipun begitu, terdapat variasi tingkat motivasi yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti kondisi fisik dan psikologis, serta faktor eksternal seperti dukungan guru dan lingkungan belajar. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam memberikan pendampingan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk memulihkan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi.
Copyrights © 2023