cover
Contact Name
Much Arsyad Fardani
Contact Email
jpi@umk.ac.id
Phone
+6285290760182
Journal Mail Official
jpi@umk.ac.id
Editorial Address
Jl. Lingkar Utara Gondangmanis, Bae, Kudus
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Prasasti Ilmu
ISSN : -     EISSN : 27763951     DOI : https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3
Core Subject : Education,
Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal prasasti ilmu adalah bidang pendidikan dasar, pendidikan karakter, pendidikan inklusi, bahasa, sastra, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Schoology Muhammad Ichwan Anshori
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v2i1.6393

Abstract

Tujuan pembelajaran pendidikan berusaha membangun dan mempersiapkan siswa agar memiliki kontribusi yang besar untuk menjadi manusia yang berkualitas dan memahami perannya untuk bertanggung jawab menjadi generasi bangsa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dari kemandirian siswa dengan pembelajaran problem solving berbantuan schoology. Jenis penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan pengumpulan data melalui data sekunder dari penelitian terdahulu. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tanggung jawab, kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran problem solving dengan berbantuan schoology.
PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD 1 RENDENG Avianida, Vika Elvira; Kuryanto, Syafruddin
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.12224

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas V SD 1 Rendeng sebelum dan setelah diterapkanya permainan ular tangga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen daengan bentuk one group pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji paired sample T-Test untuk mengukur perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas V SD 1 Rendeng sebelum dan sesudah penggunaan media ular tangga. Dari hasil analisis didapatkan data rata-rata pretest hasil belajar siswa sebesar 60,5, sedangkan rata-rata posttest hasil belajar siswa sebesar 80,5. Hasil uji paired sample T-Test menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penggunaan media ular tangga.
Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting Tri Indah Hariyani; Nur Fajrie; Mila Roysa
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v1i2.6237

Abstract

Penerapan metode collective painting bisa dijadikan variasi dan inovasi metode untuk menumbuhkan kreativitas seni anak dalam mengekspresikan diri. Karakteristik anak di desa Mayongkidul Jepara yang gemar belajar sambil bermain sejalan dengan pelaksanaan dari metode collective painting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses berkarya serta pengaruh penerapan metode collective painting. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain Sequential Exploratori. Analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian, transformasi, korelasi, konsolidasi, perbandingan dan kesimpulan data melalui uji validitas dan uji reliabilitas dari data meliputi wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya 3 aspek nilai yakni nilai elaborasi, nilai kolaborasi dan nilai emosional dari pengaruh penerapan metode collective painting  untuk menumbuhkan kreativitas seni pada anak di Desa Mayongkidul Jepara sehingga metode collective painting dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyampaikan pembelajaran seni budaya dan keterampilan.
MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 MENAWAN Mahatama, Dikla Vindi
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 3 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i3.8650

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas V pasca pembelajaran daring di SDN 1 Menawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik cenderung menurun akibat minimnya interaksi sosial dan kesulitan memahami materi secara mandiri. Peserta didik merasa jenuh, bosan, dan tidak antusias mengikuti pembelajaran dari rumah. Namun, setelah pembelajaran tatap muka kembali diterapkan, motivasi belajar siswa meningkat seiring dengan kembalinya suasana kelas yang interaktif dan kolaboratif. Peserta didik menjadi lebih aktif, menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi, serta mulai mandiri dalam menyelesaikan tugas. Meskipun begitu, terdapat variasi tingkat motivasi yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti kondisi fisik dan psikologis, serta faktor eksternal seperti dukungan guru dan lingkungan belajar. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam memberikan pendampingan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk memulihkan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi.
KARAKTER KERJA KERAS TOKOH BU MUSLIMAH DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA RIRI RIZA budiarti, adim tri
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v3i1.8610

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik telah kehilangan nilai-nilai karakter kerja kerasnya. Karakter kerja keras dapat diperoleh dari sebuah karya sastra dalam Film Laskar Pelangi karya Riri Riza. Karya sastra ini terdapat tokoh dengan karakter kerja keras yang dapat dicontoh oleh guru, yaitu Bu Muslimah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan karakter kerja keras Bu Muslimah. Karakter kerja keras adalah perilaku dengan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan. Film adalah karya seni berbentuk media audio-visual komunikasi massa yang efektif dan mampu mempengaruhi penontonnya. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan kata dan tindakan dari tokoh Bu Muslimah yang mencerminkan karakter kerja keras. Pengumpulan data: simak-catat, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini dari Krippendorf, terdiri diri dari: unit sampel, unit pencatatan, unit konteks, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: nilai karakter kerja keras Bu Muslimah pada film Laskar Pelangi terdiri dari: memiliki semangat dan tekad yang kuat, pantang menyerah dan berani mencoba. Saran dalam film Laskar Pelangi yaitu hendaknya film Laskar Pelangi diberi terjemahan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris supaya semua khalayak dapat memahami komunikasi dalam film dengan baik. Karena film Laskar Pelangi menggunakan Bahasa Melayu (Bahasa Daerah) yang tidak semua orang mengetahuinya.
EKSISTENSI KERAJINAN MAINAN ANAK TRADISIONAL PADA ERA MODERN DI DESA KARANGANYAR JEPARA Rizal Muhammad Hashemi; M. Syafruddin Kuryanto; Lintang Kironoratri; Wulan Sutriyani
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v2i2.8114

Abstract

Identify agencies (a person, an organization, or a service) that made contributions to the content or provided funding or support for the work presented in this submission. Separate them with a semi-colon (e.g. John Doe, Metro University; Master University, Department of Computer Science).
PENERAPAN MODEL TGT BERBANTU PANJADUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR Widyastutik, Devi Risma; Ardianti, Sekar Dwi; Purwaningrum, Jayanti Putri
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i2.12270

Abstract

Aktivitas belajar siswa sangat berpengaruh pada kemampuan berfikir kritis siswa ketika di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas 3 SDN Sridadi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Penerapan model Teams Game Tournament berbantuan media PANJADUT diharapkan menjadi solusi permasalahan yang terjadi pada siswa kelas 3 SD Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Sridadi, Kabupaten Rembang dengan jumlah siswa 24 terdiri dari 9 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obervasi, teknik tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD Sridadi setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media PANJADUT. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus 1 sebesar 71% dan siklus 2 sebesar 84%.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA Dwi Ratna Khoirun Naza; Nur Fajrie; Sri Utaminingsih
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 1, No 3 (2021): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v1i3.6598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku pada anak kelas IV SD di desa Sinanggul RT 14 RW 03 Mlonggo Jepara.Penelitian tindakan partisipatif ini akan dilaksanakan di rumah anak kelas IV SD di desa Sinanggul dengan subjek penelitian 4 anak, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, dan pengamatan serta refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media ular tangga, Sedangkan variable terikat adalah keterampilan berkomunikasi anak kelas IV SD di desa Sinanggul RT 14 RW 03 Mlonggo Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model Think Pair Share berbantuan media ular tangga. Angka keterampilan guru yang sebelumnya 62% menjadi 82%, (2) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari 0% menjadi 50% pada siklus 1 dan 2, (3) keterampilan berkomunikasi yang dimiliki siswa meningkat setelah diberikan tindakan, hal ini dibuktikann dengan siswa yang berani mengutarakan pendapatnya di depan umum.
ANALISIS KESANTUNAN BERBICARA PADA PERILAKU SISWA DI SD 1 JOJO KABUPATEN KUDUS Handayani, Kharisma Arum; Kironoratri, Lintang; Febrianingrum, Linda
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.9710

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis kesantunan bicara pada perilaku siswa di SD 1 JOJO dan menjelaskan upaya guru dalam menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang jumlahnya 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 JOJO pada bulan Desember 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitia yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk gambar. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan kesantunan bicara pada siswa kelas IV terdapat dua jenis yaitu kesantunan bicara siswa ke guru dan kesantunan bicara siswa ke siwa. Upaya guru untuk menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV dengan dua cara yaitu nasihat dan pembiasaan yang baik.
Pembelajaran Berbasis Sentra Peran dalam Upaya Stimulus Perkembangan Bahasa dan Sikap Mandiri Anak Usia 0-2 Tahun di TPA 01 SUKAMAJU Anita Afrianianingsih; Dwiana Asih Wiranti; Akhlafiah Maulani
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v1i1.6075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandiriaan anak melalui metode pembelajaran berbasis sentra peran di TPA 01 SUKAMAJU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik di TPA 01 SUKAMAJU. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa dan  kemandirian anak meningkat melalui pembelajaran sentra peran. Anak memerankan gerakan dan suara binatang. Guru memberikan tugas mandiri kepadaanak untuk memilih dan memakai properti sederhana susai dengan perannya. Di akhir pembelajaran, anak dilatih untuk merapikan property yang telah digunakan, kemudian guru memberi penguatan berupa pesan dan motivasi untuk semakin mandiri.