Jurnal Prasasti Ilmu
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Prasasti Ilmu

peningkatan hasil belajar siswa melalui media Quizizz berpaduan video youtube pada siswa kelas IV sd 1 gamong

Sari, Ratna Eka (Unknown)
Fahrie, Nur (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)
Sa'diah, Lailatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada materi keragaman sosial budaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD 1 Gamong sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media quizizz dan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dengan rata-rata kelas 83,33%, aspek psikomotorik ada peningkatan rata-rata kelas 81%. Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas 70% – 86% serta peningkatan keterampilan mengajar guru sebesar 76% - 86%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media quizizz dan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada materi keragaman sosial budaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang ...