Jurnal Prasasti Ilmu
Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Prasasti Ilmu

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIIID SMP N 2 NUSA PENIDA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Eka Rusmayani (SMP N 2 Nusa Penida)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Nusa Penida pada pembelajaran IPA, 2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Nusa Penida dalam pembelajaran pokok bahasan pembelajaran pokok bahasan (1) Struktur dan Fungsi Tumbuhan, (2) Sistem Pencernaan pada Manusia, (3) Zat Aditid dan Adiktif, (4) Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Nusa Penida tahun pelajaran 2019/2020 pada semester Ganjil yang berjumlah 24 siswa , terdiri atas 12 putri dan 14 putra. Penelitian ini  dilaksanakan setiap siklus dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu: 1) perencanaan penelitian, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi/evaluasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa yaitu dari 67,73 berkatagori sedang pada siklus I menjadi 79,675,38 berkatagori baik pada siklus II. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 65,50 menjadi 71,54 pada siklus II. Berdasarkan temuan di atas disarankan yaitu : temuan tentang efektifnya penerapan penerapan model  siklus belajar 7E sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran IPA. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang ...