Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Soco Kudus. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif ex-postfacto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Soco Kudus. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Soco Kudus yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik pengumpulan data dalan penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05 yang artinya hasil uji t yang dilakukan peneliti signifikan. Dari taraf signifikan 0,05 dengan asumsi, jika thitung ttabel maka hipotesis awal diterima, sedangkan jika thitung ttabel maka hipotesis awal ditolak. Dari hasil uji t dengan menggunakan bantuan SPSS Statistics 26 menyatakan bahwa variabel X (kecerdasan emosional) dan variabel Y (hasil belajar) signifikan dan hipotesis awal diterima. Hal ini dibuktikan dengan thitung (3,033) ttabel (2,048) dengan signifikan 0,05 yang artinya hipotesis awal diterima dan signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024