Tujuan: Pelatihan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sukawati memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada pelajar tentang konsep bisnis modern dan penggunaan Business Model Canvas (BMC) sebagai alat strategis sebagai penguatan Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking untuk mengidentifikasi kebutuhan pelajar dan guru terkait implementasi Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Pelatihan BMC dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukawati dengan melibatkan 122 pelajar dalam pembentukan ide bisnis dan pengisian BMC.  Hasil dan Pembahasan: Hasilnya menunjukkan dominasi ide bisnis di bidang kuliner dan fashion, dengan tantangan utama terletak pada pemahaman keuangan dan manajemen bisnis. Pelajar menunjukkan keunggulan dalam identifikasi segmen pelanggan dan saluran distribusi melalui keterampilan digital yang kuat, namun masih memerlukan pengembangan dalam manajemen biaya, aliran pendapatan, sumber daya utama, dan kemitraan strategis.  Implikasi: Mengetahui elemen-elemen dari BMC yang perlu untuk lebih ditingkatkan, terutama literasi keuangan, serta program mentorship dan magang untuk memperkuat keterampilan bisnis pelajar. Saran: Untuk mengatasi beberapa hal yang menjadi tantangan bagi pelajar di SMK Negeri 1 Sukawati, maka disarankan untuk melaksanakan program-program sebagai berikut: (1) menyediakan pelatihan yang lebih mendalam mengenai manajemen keuangan dan biaya. Pelatihan ini dapat mencakup pemahaman tentang nilai pasar produk atau layanan, serta strategi perencanaan aliran pendapatan yang efektif; (2) mengintegrasikan mata pelajaran atau modul keuangan dan manajemen bisnis dalam kurikulum pendidikan agar pelajar memiliki dasar yang kuat dalam aspek keuangan; (3) menyelenggarakan program mentroship yang berkelanjutan; dan (4) menyelenggarakan program magang pada perusahaan-perusahaan yang masih berupa rintisan (start-up), sehingga bisa ikut terlibat aktif dalam kegiatan pengembangan usaha yang dilakukan oleh founder.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024