Pendidikan juga merupakan suatu proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dalam suatu lembaga formal maupun non formal yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan prestasi yang dimiliki oleh setiap individu. Salah satunya yaitu lembaga pendidikan MI Nurul Huda Peleyan yang berada dalam naungan pondok pesantren Nurul Huda Peleyan.Ruang lingkup kajian dalam artikel ini adalah: Bagaimana peningkatan prestasi dan partisipasi belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan partisipasi siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023.Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang mana pada setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik terus meningkat pada tiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 12 siswa dengan nilai rata-rata 73,75 dari jumlah siswa sebanyak 24 orang yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dengan nilai rata-rata yaitu 90,83. Sama halnya dengan partisipasi siswa yang juga meningkat pada tiap siklus. Pada siklus I skor rata-rata partisipasi siswa adalah 21,79 sedangkan pada siklus II yaitu 23.
Copyrights © 2024