Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 2 Desember 2023

Peran Guru dalam Membudayakan Akhlakul Karimah Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas V MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023: Akhlakul Karimah

junaida (STAI Nurul Huda kapongan situbondo)
Imam baihaqi (STAI Nurul huda kapongan situbondo)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mi Nurul Huda peleyan kapongan situbondo. Faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui (1) peran guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa pada mata pelajara aqidah akhlak di kelas v Mi nurul huda peleyan kapongan situbondo. Tidak terlepas dari peran guru sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, perencana, motivator, dan konselor. Guru sebagai pengajar dikelas. peran guru sebagai pemimpin kelas, pembimbing, guru mampu mengelolah kelas. Lingkungan ini diatur dan diawasi agar kegiatan-kegiatan belajar terarah kepada tujuan pendidikan. Sehingga kegiatan pembelajaran aqidah akhlak sesuai dengan tujuannya. Guru menguasai materi pelajaran, guru memotivasi siswa, guru memberikan pembelajaran dengan baik, Akhlak siswa di Mi nurul huda peleyan kapongan situbondo meskipun bukan secara keseluruhan siswa memiliki akhlak terpuji, namun sebagian besar sudah memiliki akhlak yang baik, seperti : berbicara sopan dan santun, menghormati orang lain, berteman dengan siapa saja, ramah, mentaati peraturan, dan sebagainya. (2) faktor penghambat yang dihadapi guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas v Mi Nurul Huda peleyan kapongan situbondo.terkait dengan :(1) masalah terutama berkaitan dengan waktu atau jam pengajaran yang singkat, (2) belum adanya sarana prasana penunjang kegiatan pembelajaran aqidah akhlak. Sementara itu faktor pendukungny, meliputi : (1) motivasi dan upaya guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa (2) pengawasan ketat terhadap perilaku siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ibtidaiyah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ibtidaiyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Fokus jurnal ini memuat artikel penelitian tentang ...