Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 1 Juni 2023

Metode Play Answer untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Ahklak pada Kelas IV MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo : Aqidah Akhlak

masruro masruro (STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo)
Muh. Hidayatullah (STAI Nurul Huda)
Puspita Margaretha (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Di balik perkembangan MI Nurul huda peleyan kapongan situbondo tentunya ada untuk meningkatkan hasil belajar kepada semua siswa khususnya di kelas IV. Guru-Gurunya yang berperan, tentu di balik itu semua terdapat keinginan mempunyai guru mapel yang sesuai pembelajaran yang diajarkan kepada siswa untuk tidak menghambat materi pembelajaran yang dikarenakan kekurangan model dan metode pembelajaran, Oleh karena itu penelitian dalam skripsi ini berfokus kepada materi ajar dan metode dan model pembelajaran yang akan digunakan atau diterapkan kepada siswa. Peneliti menemukan metode pembalajaran yang cocok untuk diterapkannya yaitu metode play answer Pembelajaran Aqidah ahklak. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul. Hasil penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan metode play answer pembelajaran Aqidah ahklak kelas IV siswa MI Nurul huda peleyan kapongan situbondo terutama pelajaran Aqidah ahklak di dalam materi Asmaul husna. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkannya metode tindakan kelas dengan metode play answer pembelajaran Aqidah ahklak. Penilitian ini dilaksanakan didalam dua siklus. Setelah di terapkan tindakan kelas dengan metode  pembelajaran play answer rata rata siswa mengalami peningkatan mencapai KKM. Siswa yang belum tuntas hanya beberapa siswa saja yang mengalami kelainan dan kekurangan. Maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran Aqidah ahklak khususnya materi Asmaul husna. berhasil menggunakan metode tindakan kelas dengan Metode play answer Untuk Meningkatkan atau mengoptimalkan hasil belajar siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2022/2023 Di MI Nurul Huda Peleyan, Kapongan Situbondo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ibtidaiyah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ibtidaiyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Fokus jurnal ini memuat artikel penelitian tentang ...