Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik Materi Makhluk Hidup sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas III MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo mengetahui peranan pendekatan pembelajaran Tematik materi Makhluk Hidup dengan model pembelajaran Picture And Picture di Kelas III MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Subjek penelitian ini adalah kelas III MI Nurul Huda yang Berjumlah 18 Orang. Berdasarkan tes awal (Pre test) Terdapat 3 siswa (16,66%) telah tuntas, Sedangkan 15 siswa (83,33%) tidak tuntas, ketuntasan klasikal hasil belajar 16,66% dengan nilai rata-rata 64,44 kemudian dilakukan siklus dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture terdapat 9 siswa (50%) telah tuntas sedangkan 9 siswa (50%) tidak tuntas, ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 50% dengan nilai rata-rata 74,16 sehingga belum sesuai dengan nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Karena nilai yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan model yang sama pada siklus II terdapat 16 siswa (88,88%) tuntas dan 2 siswa (11,11%) tidak tuntas nilai klasikal hasil belajar siswa sebesar 88,88% dengan nilai rata-rata 83,05 jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Tematik Materi Makhluk Hidup dengan menggunakan model Pembelajaran Picture And Picture
Copyrights © 2023