Abstrak Penelitian ini didasarkan oleh hasil belajar siswa yang kurang baik pada pelajaran Penelitian dalam skripsi ini untuk peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis melalui strategi pembelajaran index card match siswa kelas IV di MI Hidayatun Najah samiran proppo pamekasan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI hidayatun najah yang berjumlah 12 orang. Guru dan peneliti menerapkan metode index card macth pada sat pembelajaran mengenal hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa’ pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadis, hal ini dapat di lihat dari hasil yang di peroleh oleh guru dan peneliti dengan penerapan metode index card macth, hasil dapat di lihat di tahap pra siklus dan tahap siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, peneliti menerapkan metode index card macth pada saat pembelajaran membaca dan menulis Al-qur`an, dan perubahan murid setelah penerapan metode index card macth bisa dikatakan sukses, karena semula murid malas untuk belajar, murid hanya berbicara sendiri dan ada yang bermain sendiri. Namun setalah penerapan metode index card macth murid lebih serius dan aktif saat pembelajaran, hal ini bisa di lihat di data data siklus I dan siklus II, jadi penerapan metode index card macth sangat efektif di gunakan saat pembelajaran Kata Kunci: Pembelajaran index card match
Copyrights © 2024