Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Tibyan serta faktor pendukung dan penghambatnya di Rumah Tahfidzh Ummul Qura’ kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case studies). Adapun sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang dipilih dalam penelitian ini yaitu: narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi. Analisis dilakukan mulai tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, serta verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Bedasarkan penelitian ditemukan bahwa sistem pembelajaran dengan metode At-Tibyan Rumah Tahfidzh Ummul Qura’ dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu: 1) perencanaan sistem dilaksanakan melalui penentuan tujuan, langkah-langkah pembelajaran, dan penentuan guru, 2) Pelaksanaan dilaksanakan dalam bentuk klasikal kemudian dilanjutkan dengan kelompok secara parsial. 3) Pengendalian/evaluasi sistem dilakukan secara formatif dan sumatif. Adapun faktor pendukung sistem pembelajaran ialah faktor guru, faktor materi dan metode, faktor fasilitas, faktor lingkungan dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat ialah kondisi peserta didik yang kelelahan dan orang tua yang kurang bekerjasama dalam mengawasi aktifitas ibadah dan murajaah peserta didik di rumah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018