Konselor/guru bimbingan dan konseling sekolah dalam perannya berusaha membantu siswa dalam pengentasan permasalahannya, konselor sering menemui siswa yang bermasalah dalam belajar dan motivasi belajarnya karena terlibat konflik. Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya konflik, baik konflik di dalam individu (internal),maupun konflik antar perorangan dan konflik di dalam kelompok dan konflik antar kelompok (eksternal). Dalam penelitian ini diupayakan pengentasan masasalah konflik siswa menggunakan metode Sosiodrama, karena metode sosiodrama dapat mengentaskan permasalahan yang berhubungan dengan masalah sosial termasuk konflik antar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,penelitian tindakan kelas sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa untuk mengentaskan konflik dalam kelompok, dari permasalahan awal yang semula siswa sangat sering berhadapan dengan masalah konflik, dengan penggunaan metode sosiodrama siswa dapat memiliki pemahaman tentang upaya pengentasan masalah konflik, walaupan dalam pelaksanaan di siklus 1 belum maksimal karena ada beberapa kekurangan dalam hal Guru, Siswa, Media atau Naskah Sosiodrama serta situasi yang berlangsung saat pelaksanaan. Dengan beberapa masukan berdasarkan evaluasi dan refleksi yang dilaksanakan bersama kolabolator dapat dibuat beberapa perbaikan terhadap kekurangan pelaksanaan di siklus 1 dan terlihat signifikan peningkatan pemahaman siswa di siklus 2.
Copyrights © 2018