Artikel ini bertujuan untuk menemukan konsep model layanan konseling terintegrasi nilai-nilai keIslaman yang diharapkan mampu meningkatkan pribadi sehat bagi siswa SMP/MTs yang merupakan salah satu daripada ttjuan pendidikan nasional berdasarkan UU No. 20 tahun 2003. Namun berdasarkan data dan fakta masih banyak terjadi penyimpangan perilaku peserta didik khususnya tingkat sekolah menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah baik penyimpangan pelanggaran hukum, penyimpangan perilaku kesusilaan dan moralitas, contohnya seringnya terjadi perundungan, Bullying, tawuran antar pelajar bahkan sampai menimbulkan korban jiwa dan banyak pelajar terlibat kasus narkoba dan minuman keras serta para pelajar terlibat pergaulan sex bebas. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library reseach), teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumentasi berupa buku, kitab, artikel,dokumen dan sumber terkait. Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini berupa konsep Model Layanan Konseling Terintegrasi Nilai – nilai KeIslaman untuk meningkatkan Pribadi sehat bagi siswa SMP/MTs yang mencakup Empat Aspek, yaitu: Pertama, Ide/gagasan Model Layanan yang di kembangkan; Kedua, Desain Model Layanan yang dikembangkan; Ketiga, Implementasi/proses Model layanan; Keempat, evaluasi Model layanan.
Copyrights © 2024