Harga merupakan salah satu daya tarik utama dalam penjualan produk minuman ini, harganya cukup terjangkau. Kelebihan yang lain, produk minuman ini memiliki varian rasa sebagai cara untuk menarik perhatian konsumen, hanya saja memang kurang terpromosikan dengan baik Thai Thea Nova hanya menjual produk minuman versi dingin sehingga terkendala mengalami penurunan penjualan pada saat musim penghujan.Selain itu kualitas produk dari sisi pengemasan masih kurang menarik dan belum memiliki label atau merek nama usaha ini. Padahal dengan adanya merek atau label dapat memberi keuntungan pada penjual artinya secara tidak langsung produk ini akan terpromosikan. Dengan keadaan tersebut pelaku usaha Thai thea Nova harus memiliki strategi dalam pemasaran apalagi saat ini ditengah banyaknya persaingan dengan usaha –usaha sejenis yang menyebabkan konsumen memiliki ragam pilihan produk minuman sesuai dengan kebutuhannya. Dengan adanya persaingan tersebut, pelaku usaha minuman harus mengeluarkan segala kemampuan agar tetap bisa bertahan dan dapat bersaing dipasar dengan pelaku usaha minuman yang lain. Hal inilah yang melatar belakangi peneltian ini yang berjudul “ Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Thai Thea Nova Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara”.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk Minuman Thai Thea Nova Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara, apakah ada pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk Minuman Thai Thea Nova Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara,, dan apakah apakah ada pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian Produk Minuman Thai Thea Nova Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara,.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan tipe penelitian asosiatif..Dari pengujian instrument penelitian semua butir soal variabel X1,X2 dan Y dikatakan valid dan reliabel dimana r Hitung lebih besar dari r tabel dan nilai cronbanch alpha lebih besar dari 0,6. Dari hasil uji normalitas jika batang histogram mengikuti garis lonceng maka residual berdistribusi normal dan pada gambar Normal P-P Plot yang bisa diinterpretasikan jika titik –titik ploting yang terdapat pada gambar selalu mengikuti dan mendekati garis diagonalnya maka berdistribusi normal.. Dari pengujian heteroskesditas dapat disimpulkan bahwa tidak ada pola yang jelas pada sumbu seperti tidak bergelombang, tidak melebar, dan tidak menyempit namun berupa titik –titik random atau acak, maka tidak terjadi gejala heteroskesdiditas.Dari pengujian multikolinearitas didapatkan nilai tolerance sebesar 0,539 dan nilai VIP 1,857, maka nilai 0,539 > 0,1 dan 1,857 < 10 maka kesimpulannya tidak terjadi gejala multikolinieritas . Dari pengujian hipotesis, didapatkan diatas nilai sig untuk X1 sebesar 0,683 dan nilai sig X2 sebesar 0,009, maka X1 = 0,683 > 0,05 sehingga kesimpulannya variable harga (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) sedangkan X2 ( Kualitas produk) = 0,009 < 0,05 maka kesimpulannya variable kualitas produk (X2 ) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian ( Variabel Y), maka hipotesis pertama (Ha 1) yang menyatakan ada pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk minuman Thai Thea Nova ditolak atau Ho 1 yang diterima yaitu tidak ada pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk minuman Thai Thea Nova. sedangkan hipotesis kedua (Ha 2) ada pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk minuman Thai Thea Nova diterima. Dan nilai sig adalah 0,001 lebih kecil dari 0,05 atau 0,001 <0,05 maka artinya variable X1 ( harga ) dan X2 ( kualitas produk ) secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependent ( keputusan pembelian), maka hipotesis ketiga (Ha 3) yang menyatakan ada pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian Produk minuman Thai Thea Nova diterima. Untuk koefisien determinan ( R square) sebesar adalah 0,434 yang mengandung pengertian pengaruh variable bebas ( harga dan kualitas produk ) terhadap variable terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 43,4 %.
Copyrights © 2023