cover
Contact Name
Gusti muhammad Hidayatullah
Contact Email
stiapppm@gmail.com
Phone
+6282251444434
Journal Mail Official
stiapppm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bihman Villa No.123, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Inovatif : Jurnal Administrasi Niaga
ISSN : -     EISSN : 2685855X     DOI : https://doi.org/10.36658/ijan
Core Subject : Economy,
Jurnal Inovatif di terbitkan oleh Program Studi : Administrasi Niaga pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang aspek - aspek Administrasi Niaga dalam era Indusrti 4.0 dan juga informasi berupa hasil penelitian lapangan atau studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan satu kali dalam setahun yaitu pada bulan Agustus. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam media lain dari Dosen, peneliti, mahasiswa maupun praktisi dengan ketentuan penulisan seperti tercantum pada halaman belakang ( petunjuk untuk penulis ). Naskah yang masuk akan di evaluasi dan di sunting unutk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya. Focus and Scope jurnal Inovatif ini : 1. Human resources, 2. Entrepreneurs, 3. Technopreneurs and sociopreneurs.
Articles 65 Documents
A ANALISIS LOCATION QUOTIENT (LQ) KECAMATAN DAN PROYEKSI TINGKAT PRODUKSI IKAN TANGKAP DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Handayani, Ramona
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 1 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.1.1

Abstract

Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah daratan yang banyak daerah rawanya dan potensi rawa tersebut banyak menyimpan kekayaan air tawar.Data produksi perikanan tangkap mengalami peningkatan maupun penurunan tidak drastis atau monoton saja berbeda halnya dengan perikanan budidaya yang dipengaruhi oleh pasang surut air.Berdasarkan hal di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa kisaran nilai LQ tingkat produksi ikan tangkap,proyeksi tingkat produksi ikan tangkap untuk lima tahun yang akan datang, kontribusi tingkat produksi ikan tangkap yang LQ nya lebih dari satu terhadap proyeksi tingkat produksi ikan tangkap di Kabupaten Hulu Sungai Utara selama lima tahun mendatang.Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Kecamatan yang menghasilkan LQ tertinggi adalah kecamatan Danau Panggang dan Kecamatan Amuntai Selatan setelah dilakukan perhitungan.Data proyeksi produksi perikanan tangkap lima tahun terakhir yang dihitung menghasilkan pendugaan untuk populasi perikanan tangkap lima tahun kedepannya yakni proyeksi populasi untuk tahun 2018 adalah 19535,88 ton dengan pertumbuhan 1,59 % dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2017, proyeksi tahun 2019 adalah 21941,36 ton dengan pertumbuhan 1,12 % dari tahun sebelumnya, proyeksi tahun 2020 adalah 24346, 84 ton dengan pertumbuhan 1,11% ,proyeksi tahun 2021 adalah 26752,32 ton dengan pertumbuhan 1,10 %, proyeksi tahun 2022 adalah 29157,8 ton dengan pertumbuhan 1,09 %. Proyeksi tingkat pertumbuhan rata-rata populasi perikanan tangkap di Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam 5 tahun mendatang sebesar 1,20 %. Dimana proyeksi tingkat pertumbuhan tertinggi dicapai pada tahun 2018 yakni dari tahun sebelumnya dengan produksi 12210,2 ton menjadi 19535,88 ton dengan pertumbuhan sebesar 1,59 % sedangkan pertumbuhan terendah dalam pendugaan dicapai pada tahun 2021 yaitu dari populasi tahun sebelumnya sebesar 26752,32 ton menjadi 29157,8dengan persentase 1,09 %.
PENGARUH PRODUK, HARGA, TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN MEMBELI RUMAH DI PT. ANEKA CIPTA SARANA MANUNGGAL BALANGAN. Rifani, Jamil
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 1 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.1.2

Abstract

Penulisan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data emperis di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh produk, harga, tempat dan promosi terhadap kepuasan membeli rumah di PT. Aneka Cipta Sarana Manunggal Balangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi sebanyak 50.sampel 50 orang dan teknik analisis data dengan instrument penelitian uji validas, uji reliabilitas, asumsi klasik dan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi secara sendiri-sendiri berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam membeli rumah di PT. Aneka Cipta Sarana Manunggal Balangan. Sementara itu berdasarkan hasil Uji F pada tingkat oe sebesar 5% membuktikan semua variabel bebas tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat secara bersama-sama (simultan). Determinasi adjusted (R2) adalah 0,802 atau 80,2%, hal ini menunjukan besarnya kontribusi yang diberikan seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA KANDILO KABUPATEN PASER Latte, Jumai
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 1 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.1.58

Abstract

The research is done at PDAM of PDAM Tirta Kandilo Kabupaten Paser with the objectives 1) to find the effect of tangible 2) to find the effect of reliabilty. 3) to find the effect responsines. 4) to find the effect of assurance. 5) to fine the effect of emphaty on the custumer’s satisfaction. The Types of research is explanatory research. Total respondents taken are 100 respondents, the sample determined by using nonprobability sampling, namely through accidental sampling. The analysis data technique in this research use SEM analysis which software Smart PLS version 2.0 M3. These results showed that 1) Tangible no significant effect on the custumer’s satisfaction with the effect of 2,5% 2) Reliability no significant effect on the custumer’s satisfaction with the effect of 9,9%. 3) Responsivenes no significant effect on the custumer’s satisfaction with the effect of 10,2%. 4) Assurance no significant effect on the custumer’s satisfaction with the effect of 2,7%. But 5) Empaty significant effect on the custumer’s satisfaction with the effect of 91,4%.
A PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA YAMAHA SURYANATA MOTOR AMUNTAI Hasanah, Nurul
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 1 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.1.60

Abstract

 This research aims to know: (1) Yamaha Suryanata Motor promotion strategy year 2016-2017, (2) Cost promotion Yamaha Suryanata Motor year 2016-2017, (3) Sales volume Yamaha Suryanata Motor year 2016-2017, (4) promotion to sales volume at Yamaha Suryanata Motor 2016-2017.  This research uses qualitative and quantitative methods, this research is conducted on Yamaha Suryanata Motor, and data taken for three years starting from 2016-2017 and calculation using monthly data consisting of promotion cost and sales volume. Data collection was done by interview method, observation, and documentation. The data analysis used is quantitative method and simple linear regression.  The result of the research shows that: (1) The promotion strategy of Yamaha Suryanata Motor is done by advertising, sales promotion, and publicity, (2) Yamaha Suryanata Motor promotion expense year 2016-2017 increase, 2016 Rp 26.400.000, and year 2017 Rp 41,800,000, (3) Sales volume of Yamaha Suryanata Motor in 2016-2017 has increased, in 2016 amounted to 2680 units and in 2017 of 4225 units, (4) Test results resulted in significant effect of promotion cost on sales volume at Yamaha Suryanata Motor, with thitung = 15.29 is greater than ttable = 1.714
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUM BULOG DIVISI REGIONAL KALIMANTAN SELATAN KOTA BANJARMASIN Mulianti, Annisa Ratu
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 1 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.1.62

Abstract

Pengaruh Komitmen Organisasi dan Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan komitmen organisasi dan spiritualitas di tempat kerja terhadap kinerja karyawan pada Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatifdengan jumlah sampel penelitian sebesar 34 karyawan Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasinyang diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan software Statistic Programme for Service Solutions(SPSS) Versi 20.0. Hasil penelitian terhadap 34 orang karyawan tetap yang bekerja pada Perum BULOG Divre Kalsel Kota Banjarmasin, ditemukan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Temuan selanjutnya, yaitu spiritualitas di tempat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Secara simultan komitmen organisasi dan spiritualitas di tempat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi dan spiritualitas di tempat kerja mampu menjawab permasalahan mengenai kinerja karyawan pada Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Implikasi penelitian diharapkan mampu menjadi kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja karyawan dan kinerja Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan SelatanKota Banjarmasin dan penelitian yang akan datang.
PENGARUH SISTEM TATA NIAGA DAN HARGA TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI KARET DI KABUPATEN BALANGAN Latte, Jumai
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 2 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.2.63

Abstract

The objectives of this research are 1) to find the effect of system trade on price. 2) To find the effect of price on the welfare of the farmer rubber. 3) To fine the effect of sytem trade on the welfare of the farmer rubber. The Types of research is explanatory research. Populations and samples in this study are the farmer rubber at Kabupaten Balangan. A sample of 210 the farmer rubber and sample collection technique is accidental sampling. The analysis data technique in this research use SEM analysis which software Smart PLS version 2.0 M3. These results showed that 1) system trade significant effect on price with the effect of 72,20%. 2) Price significant effect on the welfare of the farmer rubber with the effect of 5,60%. 3) System trade significant effect on the welfare of the farmer rubber with the effect 21,50%.
EFEKTIVITAS PERANAN DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Rahman , Abdul Sani; Rifani, Jamil; Rahman, Abdul Sani
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 2 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.2.64

Abstract

 Latar belakang penelitian ini adalah Efektivitas Peranan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Hulu Sungai Utara fenomena masalah yaitu kurangnya promosi tempat wisata yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, tidak ada penunjang penginapan atau sejenisnya dan masih ada beberapa tempat wisata yang belum terkelola dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Peranan Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan faktor yang mempengaruhinya.  Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif. Dengan mengumpulkan data dalam bentuk data dan kalimat melalui observasi, wawancara, serta dokumen/kepustakaan. Sumber data diambil melalui penarikan sampel secara Purposive Sampling penarikan sampel dengan cara sengaja dan langsung kepada bagian dapat mewakili informan yang ada jumlah 16 orang.   Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak efektif dilihat dari produktifitas dalam kegiatan sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input) karena kurangnya promosi tempat wisata yang ada. Sumber daya diatur dan dimanfaatkan untuk mencapai hasil yang optimal masih kurang optimal. Kemampuan adaptasi kerja dilihat dari kemampuan adaptasi kerja melibatkan sejumlah fungsi dan intelektual masih kurang koordinasi antara pihak terkait yaitu pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat. Strategi beradaptasi dengan lingkungan masih kurang maksimal karena banyak tempat wisata yang belum dikelola. Adapun efektif dilihat dari kecerdasan atau intelegensi dalam meningkatkan rasa cinta lingkungan serta melestarikan alam dan budaya setempat. Beradaftasi dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Pencarian sumber daya dilihat dari proses analyses dan identifikasi yang dilakukan organisasi dan mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang diperlukan organisasi guna mencapai tujuannya yaitu mengoordinasikan, membina bidang pengembangan destinasi pariwisata, dan pengembangan kapasitas. Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor kesadaran dalam mengelola tempat wisata dan kurangnya pengelolaan tempat wisata. Upaya apa yang dilakukan yaitu menganalisis kelayakan tempat wisata dan meningkatkan sosialisasi tempat wisata kepada masyarakat.   Dalam meningkatkan efektivitas peranan maka disarankan kepada kepala dinas terkait melakukan pengawasan dalam hal promosi tempat wisata yang ada, penunjang penginapan atau sejenisnya, dan tempat wisata yang belun terkelola dengan baik.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK KALSEL SYARIAH AMUNTAI TENGAH KABUPETAN HULU SUNGAI UTARA Hasanah, Nurul
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 2 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.2.66

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality on customer satisfaction at the Central Kalimantan Shunt Bank Amuntai Tengah Hulu Sungai Utara. The method used in this study uses quantitative research methods. The results of the study prove that there is a positive and significant effect between service quality on customer satisfaction at the Sharia Bank of the Amuntai Branch Office. If the quality of service increases, customer satisfaction will also increase, conversely if the quality of existing services at the Sharia Bank of the Amuntai Branch Office decreases, customer satisfaction can also decrease.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MEGUMIE RAMEN AMUNTAI Handayani, Ramona; Rahmah, Audina; Saputri, Agustia
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 2 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.2.67

Abstract

Megumie ramen Amuntai merupakan salah satu warung makan yang menjual makanan khas Jepang yang terjamin kehalalannya. Memang tidak ada persaingan dengan warung makan Megumie lainnya karena dia satu-satunya di Amuntai namun persaingan ini terjadi dengan warung makan lainnya seperti Rocket chicken yang kebetulan secara lokasi berdampingan posisinya dengan Megumie ramen. Melihat perkembangan daya jual Megumie ramen dari beberapa waktu dari mulai dibuka sampai sekarang memang terlihat ada penurunan jumlah pelanggan yang makan diMegumie. Apalagi kalau dimalam hari dan pagi yang terlihat agak sepi dibandingkan siang hari yang agak lebih banyak tidak hanya itu system pelayanan yang ada juga dirasa belum sepenuhnya maksimal seperti kelengkapan fasilitas penunjang, keramahan pelayan saat melayani juga dirasa kurang, perhatian terhadap pelanggan yang juga belum sepenuhnya dirasakan oleh pengunjung.Berdasarkan hal di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Pada Megumie Ramen Amuntai.Penelitian ini menggunakan tipe penelitian asosiatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan semua item soal angket dinyatakan valid dan reliable untuk dijadikan instrument penelitian, kualitas pelayanan hampir dominan pilihan jawaban yang dipilih di kategori netral dan setuju, meskipun ada pilihan jawaban tidak setuju, dan sangat setuju tapi persentasinya sangat kecil dan untuk variabel kepuasan pelanggandominan pilihan jawaban pada kategori netral dan setuju meskipun ada juga jawaban tidak setuju dan setuju dengan persentasi yang kecil, Hai ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan terkategori cukup baik dan kepuasan pelanggan pun juga cukup baik dan uji normalitas dilakukan dengan hasil nilai residual regresi 283.894 dan untuk nilai residual dependent variable (kepuasan pelanggan) -6,446. Nilai residual ini berdistribusi normal dan hal ini bisa dilihat pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual Dependent variable : kepuasan pelanggan bahwa titik –titik ploting yang terdapat pada gambar selalu mengikuti dan mendekati garis diagonalnya. Oleh karena itu,sebagaimana dasar atau pedoman pengambilan keputusan dalam uji normalitas teknik probability plot dapat disimpulkan nilai residual berdistribusi normal. Dan untuk menjawab hipotesis apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maka dilakukan uji t dengan hasil Dari sini dapat dijawab hipotesisnya, bahwa apabila nilai t hitung > dari nilai t tabel , maka Ha diterima, t hitung 0,70 dan t tabel 0,67 ( sesuai tabel t pada lampiran). Maka Ha diterima yaitu ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Megumie Ramen Amuntai.Maka hipotesis bahwa diduga ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diterima karena dapat dibuktikan kebenarannya.
STRATEGI BERSAING TERKAIT DENGAN ERA 4.0 DALAM PRODUK UKM ROTAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Kasus Pada UKM Teknik Rotan H. Muhid Hulu Sungai Utara) Agustina, Eka Santi; Ramadhani, Syahril; Cahyadi, Weldi Tahta
Inovatif Jurnal Administrasi Niaga Vol. 1 No. 2 (2019): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/ijan.1.2.68

Abstract

Pada UKM Teknik Rotan H. Muhid Hulu Sungai Utara ini bertujuan untuk meberdayakan masyarakat dalam hal pemanfaatan rotan, agar bisa membantu meningkatkan perekonimian dan lingkungan yang sehat, bersih serta nyaman. Hal ini diungkapkan oleh kepala desa Umar Kepala Desa Sungai Limas Rt.002 No.082 Kec. Haur Gading Kab. Hulu Sungai Utara mengatakan bahwa: “Untuk meningkatkan perekonimian di sekitar rotan yang menumpuk sehingga lingkungan tersebut jadi bersih, maka upaya kami dalam mengelola kaca yaitu dengan memberikan kreativitas kepada masyarakat sekitar agar bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis” Berdasarkan hasil dan uraian yang dikemukakan sebelumnya startegi bersaing UKM Rotan dengan menggunakan analisis SWOT yang dimiliki oleh H.Muhid Desa Sungai LImas Kecamatan Haur Gading Hulu Sungai Utara, maka dapt ditarik kesimpulan, yaitu: Strenght (S) atau Kekuatan dalam strategi bersaing produk UKM H. Muhid Desa Sungai Limas Kec. Haur Gading Hulu Sungai Utara, yaitu Reputasi yang dimilki oleh UKM Rotan ini dapat disebut baik, UKM ini termasuk UKM yang sangat fliksibel dalam menghadapi dalam kasus dan permintaan konsumen, Biaya overhead yang dimiliki oleh UKM Rotan ini tergolong rendah. Jadi harga yang ditawarkan tentunya lebih murah dibandingkan ekspor, Dalam hal ini dalam pemberin respon terhadap permintaan pelanggan UKM Rotan ini tergolong cepat dan tidak melalui proses yang panjang, Kemampuan dan ketramipilan yang dimiliki karyawan UKM Rotan ini dapat dikatakan tinggi. Opertunities (O) atau Peluang dalam strategi bersaing produk UKM H. Muhid Desa Sungai Limas Kec. Haur Gading Hulu Sungai Utara (UKM Rotan ini memiliki dukungan dari Pemerintah daerah dan Sector atau bidang rotan ini mengalami peningkatan) Weakness (W) atau Kelemahan dalam strategi bersaing produk UKM H. Muhid Desa Sungai Limas Kec. Haur Gading Hulu Sungai Utara, yaitu UKM Rotan ini memiliki modal yang terbatas, Arus kas UKM Rotan ini berjalan tidak lancer dan Pemasaran dilakukan hanya dengan face to face Threats (T) Ancaman dalam strategi bersaing produk UKM H. Muhid Desa Sungai Limas Kec. Haur Gading Hulu Sungai Utara, yaitu: Sering terjadinya perubahan strategi dari persaingan sehingga dapat menjadi suatu ancaman terhadap posisi UK Rotan H. Muhid dan Perkembangan teknologi yang cepat sehingga berdampak pada keterlambatan UKM Rotan ini dalam mengadopsinya.