Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram dalam menjaga loyalitas pelanggan Fikri Taqy Barbershop melalui akun Instagram @fikritaqy_barbershop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Loyalitas Pelanggan Tjiptono. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dengan satu informan ahli, tiga informan inti, dan satu informan akademisi. Berdasarkan hasil yang diperoleh oleh peneliti, pemanfaatan Instagram @fikritaqy_barbershop dalam menjaga loyalitas pelanggan Fikri Taqy Barbershop dilihat dari terpenuhinya empat faktor yang melatarbelakangi yaitu kualitas pelayanan, kepercayaan, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan pada Fikri Taqy Barbershop mendapat respon positif dari para informan inti. pemanfaatan Instagram @fikritaqy_barbershop dijadikan sebagai sarana komunikasi dan public relations. Setelah peneliti melakukan penelitian pada pemanfaatan Instagram dalam menjaga loyalitas pelanggan pada Fikri Taqy Barbershop, peneliti menyarankan agar admin Instagram @fikritaqy_barbershop lebih sigap dan cepat dalam merespon pertanyaan pelanggan dan lebih kreatif dalam memposting gambar maupun video agar tidak terkesan monoton dan membosankan.
Copyrights © 2023