Inovatif : Jurnal Administrasi Niaga
Vol. 6 No. 1 (2024): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga

PENGARUH PROGRAM FLASH SALE DAN CASHBACK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP

Norhilaliah, Norhilaliah (Unknown)
Agustina, Eka Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Menurut we are social, tiktok tergolong ke dalam peringkat lima urutan media sosial terkenal di dunia untuk periode awal 2024. Dari laporan itu, tiktok mempunyai 1,56 miliar pemakai aktif sampai bulan Januari 2024. Di negara Indonesia tercatat total 106,51 juta jiwa, sehingga Indonesia menduduki urutan kedua pemakai aktif, dengan posisi pertama ditempati oleh Amerika Serikat yakni 143,4 juta pengguna. Program Flash Sale dan Cashback adalah cara efektif dalam bidang pemasaran yang umumnya dilaksanakan pelaku usaha pada E-Commerce. Perilaku Impulse buying / pembelian impulsif ialah tindakan konsumen condong membeli produk secara instan atau tidak menggunakan perencanaan untuk memilih Keputusan tidak memperhitungkan risikonya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling, dengan sampel berjumlah 51 partisipan. Mahasiswa D3 Administrasi Bisnis STIA Amuntai PemakaiTiktok yang melakukan belanja pada platform Tiktok Shop ditetapkan menjadi subjek populasi. Analisis yang diimplementasikan yakni deskriptif serta regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan uji hipotesis secara simultan, diskon maupun shopping lifestyle secara bersamaan berpengaruh yang cukup besar atas pembelian impulsif. Pengujian hipotesis (uji) parsial menghasilkan flash sale serta cashback memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Dari koefisien determinasi (R2), flash sale serta cashback memiliki pengaruh berjumlah 65,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inovatif di terbitkan oleh Program Studi : Administrasi Niaga pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang aspek - aspek Administrasi Niaga dalam era Indusrti 4.0 dan juga informasi berupa hasil penelitian lapangan atau studi pustaka. Jurnal ...