Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA)
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar

Rennawati (Unknown)
Anggraeni Maharbid, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Masalah yang dibahas dalam ulasan ini adalah bagaimana untuk lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas VI dalam ujian persahabatan dengan memanfaatkan media gambar. Alasan kajian ini adalah untuk lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS) tentang ASEAN dengan memanfaatkan media gambar. Sumber informasi kajian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah siswa 19 orang. Pada saat penjajakan diarahkan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Eksplorasi diarahkan untuk 2 siklus. Informasi yang dikumpulkan adalah informasi kuantitatif dan subyektif. Informasi kuantitatif adalah informasi yang diperoleh dari hasil tesperkembangan pada setiap siklus. Informasi yang diperoleh kemudian dibicarakan dengan aturan-aturan kemajuan untuk menentukan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh pada pra siklus hanya 7 siswa (36,84%) yang mendapat nilai di atas KKM. Siklus I bertambah menjadi 17 siswa (89,47%). Sedangkan pada siklus II bertambah menjadi 19 siswa (100 persen). Akhir dari penelitian perbaikan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUKARYA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukarya mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: Inovasi Belajar dan Pembelajaran di SD Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di SD Kompetensi Pendidik di SD ...