Guru yang kreatif mampu menghasilkan metode pengajaran yang fleksibel, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan siswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi lingkungan yang tidak pasti dan tidak stabil. Kreativitas guru juga memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis, serta keterampilan kolaboratif dan komunikasi. Tujuan dari tinjauan literatur secara sistematik ini untuk mengulas hasil penelitian yang terkait dengan topik kreativitas guru. Protokol tinjauan sistematis dirancang dan diimplementasikan dalam prosedur pencarian literatur sistematis yang dilakukan di tiga platform yaitu Sciencedirect, Emerald dan Springer Link yang berupa basis data elektronik. Protokol seleksi literatur menggunakan metode PRISMA. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penelitian lima tahun terakhir tentang kreativitas guru adalah terkait dengan Teknologi, STEAM, Efikasi diri, lingkungan pendidikan, disposisi kreatif, berfikir kreatif, motivasi dan minat siswa. Agar tercipta guru yang kreatif dalam mengajar perlu kerjasama semua pihak pihak guru harus mau membuka diri mengikuti perkembangan teknologi, serta pihak pimpinan lembaga pendidikan harus mampu menciptakan lingkungan yang kreatif dan inovatif sehingga guru dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan penuh percaya diri sehingga dapat secara efektif menciptakan pengalaman belajar yang menantang dan inovatif bagi siswa.
Copyrights © 2023